Selasa, 26 April 2011

GERAK BADAN


Gerak badan mutlak diperlukan untuk kekuatan dan kesehatan. Lebih banyak orang mati karena kurang gerak badan daripada terlalu banyak gerak badan. Lebih banyak orang “berkarat” daripada “loyo.” Gerak badan setiap hari menguntungkan bagi segala usia. Gerak badan  bukan saja meningkatkan kesehatan dan mencegah penyakit, melainkan juga membantu pemulihan dari penyakit.
“Jika semua orang yang sakit mau menggerak-kan otot mereka setiap hari, wanita maupun pria, dalam pekerjaan di luar rumah, menggunakan otak, dan otot secara seimbang, maka kelemahan dan kelambanan akan hilang. Kesehatan akan mengganti-kan penyakit, dan tenaga gantinya sakit-sakitan” E.G. White, Medical Ministry, hlm. 297.
Allah adalah sumber kekuatan rohani. “Dia memberi kekuatan kepada yang lelah dan menambah semangat kepada yang tiada berdaya. Orang-orang muda menjadi lelah dan … Tetapi orang-orang yang menanti-nantikan TUHAN mendapat kekuatan baru: mereka seumpama rajawali yang naik terbang dengan kekuatan sayapnya; mereka berlari dan tidak menjadi lesu, mereka berjalan dan tidak menjadi lelah.” (Yesaya, 40:29-31).

GERAK BADAN  YANG TERBAIK
“Gerak badan  pagi, berjalan di udara surgawi yang terbuka dan menyegarkan, atau berkebun bunga, buah-buahan, dan sayuran, adalah perlu bagi peredar-an darah yang baik. Ini adalah pelindung yang pasti terhadap selesma, batuk, penyumbatan otak dan paru-paru, gangguan hati (liver), ginjal dan paru-paru, serta seratus penyakit lainnya.” E.G. White, Healthful Living, hlm. 130, 131.



Berjalan di Udara Segar
Mereka yang membiasakan diri bergerak badan  di udara terbuka biasanya mempunyai sirkulasi yang baik dan lancar… Pria dan wanita, tua dan muda, yang ingin sehat, dan mau merasakan kehidupan yang aktif…. Apapun pekerjaan mereka, harus meng-ambil keputusan bergerak badan di udara terbuka sebanyak mungkin.” E.G. White, Testimonies, Volume 2, hlm. 526.

Berkebun dan Pekerjaan di Luar Rumah
Pekerjaan nenek moyang kita yang pertama adalah berkebun. Tuhan mengambil manusia itu dan me-nempatkannya dalam taman Eden untuk meng-usahakan dan memelihara taman itu.” (Kej. 2:15). Biarlah pria dan wanita bekerja di ladang dan kebun buah serta taman. Ini akan memberi kesehatan dan kekuatan kepada syaraf dan otot.” E.G. White. Medical Ministry, hlm. 296.

PRINSIP-PRINSIP GERAK BADAN  SEHAT
o  Gerak badan  harus teratur—sekurangnya
    30 menit setiap hari
o  Gerak badan  harus dengan semangat tetapi
    jangan terlalu keras
o  Gerak badan  harus bergantian atau bervariasi
    (misalnya berjalan atau berkebun) demi
    menggerakkan seluruh otot tubuh
o  Gerak badan  harus dinikmati untuk mencapai
    hasil yang terbaik

KEUNTUNGAN GERAK BADAN
“Karya alam yang baik dan indah harus dijaga dalam keaktifannya demi mencapai tujuan untuk apa obyek itu diciptakan… Ketidakaktifan adalah penyebab pe-nyakit yang paling ampuh.” E.G. White, My Life Today, hlm. 130.

1.       Gerak badan  menguatkan tulang dan otot.
2.       Gerak badan memperlancar sirkulasi darah dengan cara sebagai berikut:
o  Gerak badan  meningkatkan efisiensi paru-paru. Ini memungkinkan lebih banyak oksigen masuk ke dalam sel-sel darah merah dan diangkut ke semua jaringan tubuh.
o  Gerak badan  meningkatkan efisiensi jantung.
§  Otot jantung menjadi lebih kuat
§  Jantung memompa lebih banyak darah dalam setiap denyutnya.
§  Jumlah denyut jantung dapat dikurangi. Jantung yang lebih efisien dan kuat memiliki denyut yang lebih pelan daripada jantung orang yang tidak bergerak badan . Misalnya, mengurangi denyut dari 70 menjadi 60 denyut per menit (yaitu mengurangi 10 denyut per menit) akan menghemat jantung berdenyut lebih dari 14.000 denyut perhari!
§  Pembuluh darah yang menuju jantung bertam-bah dalam ukuran dan jumlah melalui gerak badan.
o    Meningkatkan efisiensi pembuluh darah. Ketika bergerak badan, otot-otot di lengan dan kaki membatu jantung mengedarkan darah  dengan memeras pembuluh darah pada waktu otot ber-kontraksi dan melepaskan tekanan pada pembu-luh-pembuluh darah selama relaksasi otot.
3.       Gerak badan  mengatur tekanan darah dan meno-long menurunkan tekanan darah yang terlalu tinggi.
4.       Gerak badan  memperlambat proses penuaan dan memperbaiki hasil kerja dalam aktifitas hidup sehari-hari.
5.       Gerak badan  membantu pencernaan bila seseo-rang berjalan cepat setelah makan dengan kepala dan pundak tegak.
6.       Gerak badan menjaga berat badan ideal—tidak terlalu gemuk, tidak terlalu kurus.
7.       Gerak badan menguatkan kekebalan tubuh, me-nolong tubuh melawan infeksi dan pilek.
8.       Gerak badan  mengurangi stress, dan membantu orang bersantai.
9.       Gerak badan membuang kekusutan pikiran de-ngan meningkatkan produksi norepinephrine, zat penyebar antidepresi di dalam otak.
10.   Gerak badan  meningkatkan efisiensi mental dan membuat pikiran jernih.
“Usaha mental tanpa diikuti gerak badan menyebab-kan proporsi jumlah darah ke otak yang tidak sesuai, sehingga sirkulasi menjadi tidak seimbang. Otak mem-peroleh terlalu banyak darah, sementara ujung lainnya terlalu sedikit.” E.G. White, My Life Today, hlm. 144.

GERAK BADAN
Apa kegunaannya bagi anda
Mencegah:  jantung koroner, hipertensi (tekanan darah tinggi),Obesitas(kegemukan), osteoporosis (keropos  tulang), diabetes (sakit gula)
Memperbaiki: mutu tidur, pencernaan makanan, semangat hidup

KEGUNAAN BERPAKAIAN SECARA SEHAT
Di samping bergerak badan, berpakaian mempenga-ruhi aliran atau sirkulasi darah. Dua prinsip berpakaian sehat adalah sebagai berikut:
o    Pakaian harus terbagi rata di atas tubuh sedemi-kian rupa sehingga tangan dan kaki sama hangat-nya dengan bagian tengah tubuh.
o    Pakaian harus longgar. Jangan ada ikatan yang ketat sehingga meninggalkan bekas di kulit.

Kesehatan yang sempurna bergantung kepada sirkulasi yang sempurna. Perhatian khusus harus diberikan kepada tangan dan kaki, sehingga bagi-an-bagian tersebut cukup ditutupi sebagaimana halnya wilayah dada dan jantung, di mana   jumlah panas adalah yang terbanyak.” E.G. White, Testi-monies, Volume 2, hlm. 531.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar