Selasa, 26 April 2011

SINAR MATAHARI


Terang itu menyenangkan dan melihat matahari itu baik bagi mata.” (Pengkhotbah 11:7). Sinar mata-hari menolong menghasilkan vitamin D. Tanpa mata-hari semua orang akan sakit. Matahari adalah salah satu alat penyembuh alam yang paling mujarab.
Alkitab memberitahu sumber penyembuhan, surya rohani. “Tetapi kamu yang takut namaKu, bagimu akan terbit surya kebenaran dengan kesembuhan pada sayapnya.” (Maleakhi 4:2).

MANFAAT SINAR MATAHARI
1.       Sinar matahari meningkatkan peredaran darah menjadi lebih baik.
2.       Sinar matahari menambah keluaran pembuluh da-rah jantung (cardiac)—jumlah darah yang dipompa oleh jantung setiap kali kontraksi.
3.       Sinar matahari menambah kapasitas darah untuk mengangkut oksigen.
4.       Sinar matahari menolong mengatur tekanan darah menjadi normal dan sehat.
5.       Sinar matahari menambah jumlah sel darah putih dan merangsang kesanggupan untuk membunuh kuman dan sel-sel kanker.
6.       Sinar matahari menambah gamma globulin—protein yang menolong tubuh melawan infeksi.
7.       Sinar matahari adalah pengobatan yang efektif untuk penyakit kuning pada bayi yang baru lahir.
8.       Sinar matahari memperbaiki kerja hati, dan menolong tubuh membuang zat-zat kimia yang beracun dan zat-zat pencemar lingkungan.
9.       Sinar matahari menstabilkan kadar gula (glukosa) dalam darah.
o Sinar matahari meningkatkan kadar gula darah yang terlalu rendah (penderita hipoglikemia)
o Sinar matahari menurunkan kadar gula darah yang terlalu tinggi (penderita diabetes). Umum-nya, sinar matahari tidak menurunkan kadar gula darah di bawah normal. Namun, penderita dia-betes yang mendapat suntikan insulin mungkin perlu mengurangi dosis insulinnya sebelum ber-jemur untuk menghindari penurunan kadar gula menjadi  terlalu rendah dan membahayakan.
10.   Sinar matahari menurunkan kolesterol dan triglise-rida dalam darah. Sinar matahari dapat menurun-kan kolesterol sampai lebih dari 30%.
11.   Sinar matahari mengubah kolesterol dan ergos-terol dalam kulit menjadi vitamin D, tetapi hanya sampai pada tingkat yang aman. Vitamin D berpe-ran dalam metabolisme kalsium dan fosfor, yang diperlukan perkembangan gigi dan tulang. Vitamin D yang cukup dapat diperoleh dengan membiar-kan wajah menghadap matahari selama beberapa menit setiap  hari.
12.   Sinar matahari memperbaiki ketahanan dan kelen-turan otot. Gerak badan  di luar rumah di bawah sinar matahari menguatkan otot-otot lebih dari gerak badan  di dalam rumah.
13.   Sinar matahari meningkatkan metabolisme oleh merangsang fungsi kelenjar thyroid.
14.   Sinar matahari masuk melalui mata ke kelenjar pineal dan mempengaruhi kelenjar pituitary, yang mengatur produksi hormon dari kelenjar-kelenjar endokrin lainnya dengan cara yang menguntung-kan.
15.   Sinar matahari meningkatkan wawasan berpikir dan perasaan sejahtera. Sinar matahari mencegah dan menghilangkan depresi mental.
16.   Sinar matahari mengurangi stress dengan bekerja melalui saraf penerima sensor di kulit, juga melalui faktor-faktor psikologis.
17.   Sinar matahari merangsang penyembuhan. Je-murlah bagian tubuh yang kena infeksi. Berjemur sebentar saja beberapa kali dalam sehari akan membasmi kuman dan merangsang penyembuh-an luka.
18.    Sinar matahari membuat rumah bebas dari kuman-kuman penyebab penyakit. “Kebersihan yang sempurna, banyak sinar matahari, perhatian yang seksama terhadap sanitasi (kebersihan) dalam segala segi kehidupan di rumah, adalah penting demi bebasnya dari penyakit dan demi ke-gembiraan serta kebugaran seluruh anggota kelu-arga.” E.G. White, Ministry of Healing, hlm. 276.

BAGAIMANA MENCEGAH KERUSAKAN OLEH SINAR MATAHARI
Terlalu banyak kena sinar matahari dapat menyebab-kan penuaan kulit, kanker kulit, dan kerusakan mata (katarak). Walaupun kasus kanker kulit bertambah, kita tidak perlu terkena. Periksalah kulit anda secara teratur bila ada tahi lalat yang berubah bentuk, warna atau ukuran. Perhatikanlah luka yang tidak kunjung sembuh. Anjuran berikut dapat mencegah kerusakan oleh sinar matahari:
o    Dapatkan sinar matahari setiap hari dalam takaran kecil. Jangan sampai gosong!
o    Kurangi kena sinar matahari pada tengah hari (antara pukul 10.30 dan 3 sore).
o    Bila berada di luar rumah, pakailah pakaian yang melindungi dan topi yang lebar. Pakaian dari katun yang ringan mengizinkan kulit menyerap sebagian sinar matahari.
o    Makanlah diet rendah lemak—buah-buahan, biji-bijian yang utuh (whole grains), kacang-kacangan dan biji-bijian (seeds). Makanan ini kaya akan se-nyawa pencegah kanker. Makanan kaya lemak mengandung kolesterol, lemak jenuh dan (dalam minyak nabati olahan) menyebabkan perkembang-an kanker kulit.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar